Apakah VPS Hosting Tepat Untuk Anda?


VPS, atau Virtual Private Server, berarti hosting entitas yang berbeda untuk berbagai pelanggan, tetapi semuanya dalam satu server. VPS memungkinkan penyedia layanan untuk membuat partisi dari satu server menjadi banyak server virtual. Pelanggan kemudian akan berbagi server secara keseluruhan, yang mencakup koneksi dan perangkat keras. Mereka sebenarnya akan menikmati manfaat yang sama seperti yang akan mereka dapatkan dalam kasus hosting khusus seperti sistem file dan sistem operasi pribadi, yang memberi mereka kebebasan akses yang aman. Jadi konfigurasi semacam ini berarti kombinasi dari hosting khusus dan hosting bersama. Secara keseluruhan, peningkatan kinerja dengan privasi akan diperoleh perusahaan dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada yang harus dibayar untuk hosting khusus.



Pelanggan juga akan mendapatkan fitur pengontrol tertentu, seperti tugas administratif untuk mengubah konfigurasi server, instalasi perangkat lunak, reboot server, dll. Akun semacam ini bagus untuk pelanggan yang selalu membutuhkan keamanan dan aksesibilitas lebih dari apa pun. Jadi, Anda dapat memilih VPS hosting jika Anda ingin beralih dari shared hosting ke dedicated hosting, tanpa perlu menambah biaya untuk tujuan tersebut. Beberapa penyedia layanan menawarkan layanan ini dengan biaya murah $ 10 sebulan, jadi berinvestasi di lingkungan hosting VPS adalah ide yang sangat bagus bagi banyak pemilik bisnis online. Mengingat bahwa sistem operasi dan sistem file unik untuk setiap pelanggan, pengguna bisa mendapatkan porsi server yang baik ketika Anda berbicara tentang CPU, jaringan dan input dan output disk.


Jika Anda berencana untuk menjual kembali hosting, Anda akan memiliki tingkat kontrol yang lebih besar pada layanan-layanan yang dapat Anda tawarkan, sehingga akan memberi Anda keunggulan kompetitif atas para pesaing. Bagi para pengembang web yang berencana untuk mengembangkan situs jejaring sosial atau blog yang penuh fungsi, VPS hosting akan menjadi pilihan yang tepat untuk dipilih. Bahkan bagi para webmaster yang merasa nyaman mengelola hosting bersama dan ingin meningkatkan pengetahuan teknis mereka tentang manajemen server, tetapi tidak ingin mengekspos diri mereka ke server khusus secara totalitas, VPS hosting adalah pilihan yang baik. Webmaster akan diaktifkan untuk menginstal beberapa aplikasi khusus atau bahkan mengubah modul untuk server mereka. Selain itu, mereka akan menikmati keamanan penuh atas semua situs web di bawah manajemen mereka, karena setiap lingkungan VPS dijalankan oleh perangkat lunak unik untuk hostingnya, karena mereka memiliki sumber daya yang unik juga, kemungkinan intrusi sangat berkurang.


VPS hosting menjembatani kesenjangan antara paket hosting web tingkat awal dan tingkat pemula dan co-location. Sementara yang pertama menawarkan layanan tertentu seperti PHP/MySQL, dll., dengan ruang disk terbatas pada server bersama, yang terakhir memungkinkan Anda sepenuhnya memiliki dan mengontrol perangkat keras, dan hanya menyewa koneksi internet dan ruang rak dari pusat data. VPS akan menjadi pilihan terbaik untuk Anda jika Anda ingin memiliki paket hosting bersama, tetapi keuangan Anda tidak memungkinkan Anda untuk memilih paket hosting web co-location.


Paket web hosting khusus adalah alternatif lain yang dapat Anda pertimbangkan, dan biayanya cukup murah daripada co-locating. Ini juga menjadi harga yang sangat kompetitif dibandingkan dengan paket web hosting lainnya. Meskipun tentu saja harganya lebih mahal daripada paket web hosting VPS, paket khusus juga bisa cukup terjangkau bagi Anda. Sesuai dengan namanya, dedicated host memberikan server khusus untuk Anda. Ini sebenarnya berarti menyewa server dari perusahaan host, dan tidak menyewa ruang rak untuk server, seperti halnya dalam co-location.


Beberapa keuntungan dari paket hosting web VPS tercantum di bawah ini:


o Ini memberi Anda akses root yang memungkinkan Anda untuk menginstal dan bahkan mengkonfigurasi program apa pun yang Anda inginkan

o Banyak situs web dapat di-host melalui host virtual yang disediakan oleh Apache

o Anda juga mendapatkan banyak layanan lain, seperti server FTP, server email, dan server apa pun yang mungkin Anda butuhkan

o Server-server ini dapat digunakan untuk menyimpan file, sebagai cadangan, atau apa pun yang mungkin cocok untuk Anda


Kerugian tertentu juga terjadi pada paket web hosting VPS, yang disebutkan di bawah ini:

o Karena host web VPS memungkinkan Anda untuk mengontrol server sepenuhnya, Anda menjadi penanggung jawab utama atas apa pun yang Anda lakukan. Instalasi, keamanan, pemeliharaan... Anda menjadi bertanggung jawab atas semua tindakan Anda. Jadi, jika Anda tidak memiliki cukup keahlian dalam merawat Server Linux, ini dapat menimbulkan masalah besar.


o Server host web VPS memberi Anda seluruh sistem operasi untuk bekerja, tetapi Anda perlu berbagi sumber daya perangkat keras seperti RAM, CPU, dll. dengan pengguna VPS lainnya di host yang sama. Jadi, jika bisnis Anda menuntut kinerja tinggi atau penggunaan program yang melibatkan RAM secara besar-besaran, akan lebih baik untuk menggunakan co-location atau server khusus.


Cara kerjanya:


Kombinasi dari banyak teknologi membuat menjalankan VPS menjadi mungkin. Beberapa di antaranya adalah Virtual PC oleh Microsoft, User Mode Linux oleh Open Source, dan XEN, yang terbaru. XEN sebenarnya mendapatkan sambutan hangat dari media. Ada juga kemungkinan akan digabungkan dengan distribusi Linux yang akan datang. Pengembang web hanya akan mendapatkan keuntungan darinya, karena akan memberi mereka lebih banyak kebebasan dengan biaya yang sangat murah.


Anda mungkin bertanya apa yang akan Anda dapatkan jika Anda menggunakan akun VPS. Pertama, Anda akan mendapatkan akses ke area inti server Anda. Seperti yang dikatakan sebelumnya, jika Anda pandai bekerja di server Linux, Anda dapat memiliki akses dan kontrol penuh atas semua yang ingin Anda lakukan. Tetapi karena ini memberi Anda kebebasan kontrol tanpa batas, Anda akan bertanggung jawab atas apa pun yang Anda lakukan. Jadi, jika Anda tidak nyaman dengan Linux, VPS tidak dimaksudkan untuk Anda.


Namun, ini tidak berarti bahwa Anda harus membangun seluruh sistem operasi dari awal. Hampir semua paket VPS memiliki banyak gambar disk untuk dipilih, dan mereka memiliki berbagai distribusi dalam konfigurasi default. Anda hanya perlu menentukan image disk yang Anda butuhkan, dan konfigurasi akan dilakukan pada VPS dalam beberapa menit. Saat menyiapkan akun, Anda akan diberi akses root melalui SSH, di mana Anda dapat melakukan aktivitas apa pun yang Anda inginkan.



Belum ada Komentar untuk " Apakah VPS Hosting Tepat Untuk Anda?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel